Friday 30 March 2012

Liputan Brand Launching KEES



Pada 27 Maret lalu, KOPMA FKM UI menyelenggarakan Brand Launching 'KEES' di G402/403 Gedung G FKM UI. Dihadiri oleh anggota dan perwakilan-perwakilan lembaga kemahasiswaan di FKM UI, Brand Launching berjalan dengan antusias yang cukup tinggi. Acara yang diadakan selama kurang lebih 1 jam ini, meliputi peluncuran brand pertama KOPMA sekaligus Temu Anggota bulan Maret. Brand Launching ini merupakan proker kerjasama 3 bidang: Usaha Mandiri sebagai pembuat produk, Humas sebagai tim pemasaran, dan PSDPA sebagai penyelenggara Temu Anggota.

Sesuai dengan taste desain yang dihasilkan KEES, tema Brand Launching ini adalah ''Glory". Ruangan didekorasi menggunakan berbagai pernak-pernik meriah namun tetap terkesan simpel dengan menjaga warna putih dari dinding ruangan. Video dibuat dengan latar belakang bintang-bintang untuk memberi kesan bersinar -- layaknya harapan yang ditumpukan pada brand KEES.

Walaupun acara baru diadakan pukul 16.00 WIB, registrasi hadirin sudah bisa dilakukan pukul 15.30. Masing-masing hadirin mendapatkan snack dan kesempatan memenangkan doorprize. Pada pukul 16.05, acara yang dipandu Tika (Kesmas 2011) dan Nisa (Kesmas 2010) dimulai. Hayati Rissa selaku Ketua KOPMA 2012 memberikan sambutannya untuk keberlangsungan Brand Launching ini, dilanjutkan dengan pemutaran video perkenalan brand yang mengundang tawa. Video ini pulalah yang menggiring 'model-model Kopma' yang membawa barang-barang produksi Kopma sebagai contoh barang-barang yang akan dihasilkan melalui merk KEES.

Tibalah saatnya games sebagai hiburannya. Kali ini, games yang dilakukan tidaklah seperti permainan yang pernah dilakukan di acara launching lainnya. Kali ini, 5 orang peserta diajak untuk bermain 'Cabucabucacaca', yaitu sebuah permainan mengikuti tarian seorang leader secara berurutan sesuai posisi berdirinya. Permainan yang awalnya dibingungkan oleh peserta yang terdiri dari anggota Kopma ini, akhirnya bisa dimengerti lewat simulasi. Permainan ini mengundang keseruan tersendiri karena tarian yang diberikan leader makin lama makin aneh. Peserta yang tidak dapat mengukuti tarian peserta di sebelahnya, dianggap gugur. Di akhir permainan, hanya Daifan (Kesmas 2011) yang tidak pernah salah menirukan tarian, sehingga ia ditetapkan sebagai pemenang. Pemenang mendapatkan satu buah kaos KEES berwarna putih.

Temu Anggota diawali dengan pemberian informasi mengenai agenda Kopma di bulan April. Hayati Rissa menjabarkannya dengan runut, yaitu Belanja Kopma, Cooperation Class, dan pelaksanaan Bidding PO KOPMA Fair 2012. Acara Temu Anggota selanjutnya merupakan perayaan ulang tahun bagi anggota Kopma yang berulang tahun di bulan Maret. Seluruh anggota yang datang meniupkan lilin di kue ulang tahun yang diberikan Kopma.
Tibalah saatnya pengumuman anggota Kopma teraktif. Wahyu Hidayat (AKK 2009) mendapatkan bingkisan menarik karena berhasil mengumpulkan poin tertinggi sebesar 29 poin selama bulan Maret.

Kemudian, 3 doorprize diberikan kepada hadirin yang menemukan sebuah kertas di bawah kursinya. Doorprize terdiri dari 2 buah kaos KEES. Doorprize terakhir merupakan doorprize terbesar dengan hadiah Belanja Gratis di Kopma. Pemberian doorprize terakhir ini berbeda dengan pemberian sebelumnya. Hadirin harus berebut menuju MC dan menyebutkan kepanjangan dari KEES. Daifan (Kesmas 2011) akhirnya mendapatkan doorprize itu.

Brand Launching pada dasarnya bukanlah sebuah Grand Launching perkenalan kepengurusan KOPMA FKM UI 2012. Sesuai namanya, Brand Launching merupakan event peluncuran merk dari seluruh produk yang dihasilkan Kopma (private brand). Merk ini bernama KEES (Kopma Tees and Souvenirs). Sesuai namanya, Kopma akan memproduksi berbagai jenis kaos (tee), baik kenang-kenangan (souvenir) dengan desain baik dari tim Usaha Mandiri Kopma maupun kepanitiaan.

Saturday 24 March 2012

Brand Launching


Melakukan ekspansi usaha untuk pengembangan koperasi merupakan langkah suatu usaha untuk bisa bersaing dengan usaha lainnya dan menambah profit. Ekspansi usaha dikatakan akan menambah profit karena dengan ekspansi, usaha itu berinvestasi secara aktif mengembangkan usaha induknya sehingga investasi ini akan berbuah pada profit. Dalam kegiatan koperasi, profit ini akan kembali lagi kepada anggota dalam bentuk SHU (Sisa Hasil Usaha). Atas alasan ini, Koperasi Mahasiswa FKM UI (Kopma FKM UI) melakukan ekspansi usaha yang diawali dengan pembuatan brand (merk) produk kami nantinya.

Digagas dan secara teknis dilaksanakan oleh Divisi Usaha Mandiri, brand ini akan digunakan Kopma FKM UI untuk menamai produk-produk kami. Selain itu, brand ini juga penting untuk branding Kopma itu sendiri sehingga Divisi Hubungan Masyarakat ikut serta di dalamnya sebagai pemasar (marketing) dari brand. Keterlibatan antardivisi ini juga akan menguatkan pengurus Kopma FKM UI sehingga asas gotong-royong seperti yang dijiwai koperasi akan sangat terasa dalam kepengurusan kali ini.

Sebagai langkah awal memperkenalkan brand Kopma FKM UI, kami mengundang publik FKM UI untuk datang ke BRAND LAUNCHING yang akan dibarengi #TANGGA (Temu Anggota) edisi Maret. Di sini, publik tidak akan hanya disuguhi paparan mengenai brand, tetapi juga asal mula brand ini digagas, nama dan riwayatnya, hingga cara pemasarannya. Di #BrandLaunching ini juga akan dipaparkan produk-produk yang akan dibuat Kopma FKM UI di bawah merk yang akan diluncurkan Selasa, 27 Maret 2012 pukul 16.00-18.00 WIB di G402/403 FKM UI Depok. Di samping itu, masing-masing hadirin juga akan mendapatkan souvenir, snack, dan berkesempatan memenangkan doorprize. Semua acara ini gratis, termasuk juga hiburan yang akan disuguhkan.

Seperti kata berbagai kartu undangan saat masih kecil, tiada kesan tanpa kehadiranmu.